Onde-onde

Namanya memang onde-onde, tapi saya kurang tahu asalnya, mungkin dari Madura ya (soale penyebutannya dua kali, tapi kalo dari sana berarti dinamakan “nde-onde”) bentuk dan rasanya sih biasa saja, mungkin jadi lain kalo yang merasakan adalah para penggemarnya.

Camilan lawas yang lagi-lagi hampir punah ditelan modernisasi, tapi masih eksis walaupun dengan kondisi yang tidak menentu.

Adalah pasangan suami istri Darman dan Bariyah, warga dusun kemalangan RT 05/01 Gang Merak no.893 memulai usaha ini sekitar tahun 1984.

Mereka menjalankan usaha tersebut dengan penuh ketekunan agar bisa menghidupi kebutuhan keluarga, namun dengan berlalunya waktu, camilan tersebut sedikit demi sedikit mengalami kemerosotan, bukan dari kualitas barang dan mahalnya bahan baku saja, namun lebih banyak dipengaruhi oleh menurunnya permintaan konsumen.

Dari sedikit permintaan pasar itu, onde-onde Darman hanya diproduksi dalam skala kecil dan melayani permintaan pesanan dari daerah Ngadirejo saja.

Dengan omset sekitar 150 ribu perhari pada hari-hari biasa, dan sekitar 350 ribu pada hari hari besar ( misalnya agustusan dan menjelang lebaran), suami istri yang dibantu mbah Parinten mengolah bahan dasar 8 kg yang terdiri dari beras ketan, wijen, gula jawa dan kacang hijau mulai bekerja pukul 2 dini hari sampai 7 pagi, dari bahan tersebut bisa menjadi sekitar 600 buah onde-onde.

Selain membuat onde-onde sebagai produk utama, mereka juga membuat camilan “cithak hitam” yang berisi kacang brol dan “cithak merah” yang berisi kacang hijau, juga membuat “lemper” berdasarkan pesanan.

Untuk menambah penghasilan, pak Darman juga mengerjakan pekerjaan lain sebagai pemasang keramik,  pembuatan taman (termasuk dinding artistik taman), sedangkan putrinya yang sudah beranjak dewasa kini bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

~ oleh bamburuncing pada Agustus 30, 2008.

2 Tanggapan to “Onde-onde”

  1. onde2ne enak tenan.sopo sing pingin yo maring temanggung wae.

  2. emmmm,,,uenake,,,jadi pengen pulkam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: