Bencana Gemawang

Minggu siang 17 Maret 2008, penulis berkunjung ke dusun Pontong , desa Kemiriombo Kecamatan Gemawang, kabupaten Temanggung. Bersama Istri dan Mukidi, salah seorang rekan dari Stanplat datang ke lokasi bencana untuk mencari data.

Bencana alam berupa tanah amblas sedalam 15 m, panjang 250 m dan lebar 30 sampai 50 m tersebut menghancurkan 17 rumah warga yang dihuni oleh 17 Jiwa, namun dalam kecelakaan itu tidak ada korban jiwa.

Menurut Tambahono , salah seorang warga sekitar yang menampung warga korban bencana, bencana terjadi pada hari Rabu 12 Maret 2008 pukul 09.00 WIB yang dimulai dengan longsornya tanah disertai rumah warga, kemudian terjadi retakan tanah yang begitu dalam, pada waktu itu warga yang rumahnya hancur sedang keluar rumah. Kemudian tiba-tiba terjadi bencana tanah amblas tersebut yang disertai dengan suara keras.

Posko bantuan sudah didirikan, nampak ada dos mie instan yang ada disana, tim kesehatan dan Polisipun pada waktu setelah kejadian langsung mengamankan daerah bencana dengan memasang garis batas, namun pada saat penulis sampai disana, pembatas itu sudah tidak ada lagi.

Menurut Mukidi yang juga mengajukan beberapa pertanyaan pada warga yang lain, warga tersebut berkata, “bantuan yang diperlukan sekarang adalah berupa beras, atau yang lainnya”. “Pemerintah sedang berembuk dengan korban untuk membangun rumah dilokasi tanah bengkok sekdes, namun negosiasi belum berhasil sampai tadi siang, masih nunggu keputusan besok pagi”.

Senin, 16 Maret 2008 akan ada tim dari dinas pertambangan semarang untuk menyatakan status tanah atau rumah yang ada disampingnya layak huni atau tidak. kotak bantuan nampak dengan tulisan bantuan sukarela, ditujukan kepada yang melihat lokasi amblasan tanah. sekedar info tambahan kalau harga tanah disana per meternya sudah Rp 30.000, untuk bangunan rumah disana orang satu butuh lokasi 10 X 15 m.

amblas1a1.jpgamblas3a1.jpgamblas5a.jpgdaftar-korban.jpg

~ oleh bamburuncing pada Maret 17, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: