Stanplat Temanggung

 stanplat-edisi-19b.jpg

Tampilan halaman sampul ini tergolong istimewa, berani dan terkesan garang bagi sebuah koran dengan landasan jurnalis dan bukan koran berjenis visual oriented, sasaranpun tergolong istimewa, masyarakat Temanggung yang mayoritas petani dan pedagang, ini sebuah gebrakan baru, mungkin juga sebagai shock therapy, sebagai awal untuk melangkah ke tingkat selanjutnya dengan sesuatu yang lebih menggigit dan fresh, desain sampul yang berani, tematis, dramatis dan grafis abis sehingga mampu memberikan sesuatu yang lebih pada para pembaca, mengkomunikasikan sesuatu dengan ilustrasi yang’beda’ sehingga tampilan dari sampul itu seakan sudah menceritakan isinya. 

Stanplat Temanggung, sebuah koran yang terbit sebulan sekali di Temanggung kini sudah memasuki edisi yang ke-19, sebuah edisi khusus dan istimewa, dikatakan begitu karena setelah lebih dari satu setengah tahun berjalan dengan penuh tantangan yang begitu menguras tenaga serta pikiran, lahir dan bathin, kali ini mengulas tentang sejarah kota kelahiran, sejarah kampung halaman dimasa lampau di Temanggung. Melacak yang Silam, Menerawang yang Mendatang, Temanggung dari masa ke masa, memiliki makna yang mendalam, belajar dari masa silam untuk menentukan langkah bagi masa yang akan datang.  

Sejarah Temanggung, sesuatu yang harus diketahui bersama, oleh warga masyarakat Temanggung khususnya, sebagai pengetahuan akan sejarah masa silam dan pijakan untuk melangkah dimasa yang akan datang. Perjuangan mengumpulkan dan mengungkap sejarah lokal Temanggung yang patut kita beri dukungan penuh, kita beri bantuan semampu kita sebagai bagian dari masyarakat Temanggung. 

Liputan khusus di dalam Stanplat Temanggung tersebut adalah sebagai awal untuk membuat buku tentang Sejarah Temanggung yang sedang dirintis oleh Komunitas Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) asal Temanggung bekerjasama dengan tim redaksi Stanplat.

Semoga  rencana tersebut bisa terwujud, dengan demikian Temanggung nantinya akan mempunyai buku pedoman yang lengkap tentang sejarah kotanya, bukan hanya sebagai pengetahuan kita dan generasi penerus saja, melainkan agar nantinya bisa membuat Temanggung dimasa yang akan datang menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, jauh dari penjajahan duniawi, lebih dekat pada yang Maha Pemberi, dan semuanya demi Temanggung yang kita cintai.

~ oleh bamburuncing pada Februari 21, 2008.

21 Tanggapan to “Stanplat Temanggung”

  1. salut lah kang Hanz . Sip tenan. jarang ada yg hirau karo sejarah. wong buyutnya ja lali kok emut sejarah. kie adem ngene lumayan maca stanplat, di wsb ada majalah yg sama dibiayai pemda ja g jalan. lha d prkn /tmg joss tenan. sala- rojak

    br : tambah kopinya mas..biar makin josss, kita2 generasi muda harus makin ingat sejarah. biar masa depan lebih terarah, oke…!

  2. mas hanz.lg ngapa. usul ja bgmana nak bambu runcing digawe rada unifersal. maksude nyong ki ada halaman nasional, laman jateng, hal kedu hal parakan dsb, biar bs diteria masyarakat luas, bahane kan isa ngunduh di situs koran liane. oc ? salam- rojack

    br : bisa dipertimbangkan, mungkin untuk hal.se kab temanggung bisa ya, tapi nek nasional??????……sik sik, mumet ora yo ngurusnya, coba kalo nanti ada yang urung naskah orisinal dan fresh. bisa diangkat di blog ini. kali aja malah go internasional, misalnya ada TKI asal temanggung yang sukses /punya pengalaman menarik di luar negeri, bisa menceritakannya di blog ini. semoga aja suatu saat bisa nemuin orangnya.
    tapi menurutku yang paling penting melengkapi dulu dengan selengkap2nya data mengenai parakan, ttg kependudukan, jml sekolah, usia produktif, jumlah dan alamat toko2 / kios di kec. parakan sak no. telp dan pemiliknya, pengusaha makanan ringan (emping, krupuk dll), sehingga tujuan blog ini bisa tercapai
    yaitu antara lain mengangkat kota parakan, sukur2 mensejahterakan mereka (penginnya sih nanti kalo ada pengusaha lokal yang pengin maju, trus ada datanya di blog ini, trus dari penjuru dunia ada yang liat, tertarik dan menghubungi, kan berarti pengusaha itu bisa export produknya, lha ini tentu bisa membuat pengusaha lokal itu meningkat kesejahteraannya)

  3. ja lali toko kita d kalisat dimuat ya mazz..
    aku lg latian gawe blog. ngko nak dah jadi dikomentari ya. namanya jg lg latihan . dadi masih bingung and kurang pede. dan jebule masalah yg paling real adalah waktu. wes tah nak d dpn computer, kari ngantuke.. ngopi dulu ahh

    br : memang kang mas ini ora duwe kesel, dadi dokter + layanan antar jemput, jadi ketua, buka usaha, mbikin blog, istrinya lagi hamil lagi !!!! ( lho, gak ada hubungane)

  4. Salut deh, ternyata semakin banyak orang yang peduli dengan asal usul daerahnya…. semoga apa yang diusahakan bisa bermanfaan untuk banyak orang. SUKSES….

  5. horas mas hans…disela-sela ngesibuk
    nggawe grup band gen ruame ??

  6. Kok stanplat sekarang domainnya di parkir.. pindah alamat ya??

    B : pindah ke http://www.stanplat.blogspot.com

  7. http://bamburuncing.forums2u.com

  8. pie kabare dek,e mjlh stanplat

    B : wah sekarang kurang tahu kelanjutannya karena sudah tidak menjadi bagian dari tim lagi, mungkin bisa cek di http://www.stanplat.blogspot.com atau http://www.pikatan.wordpress.com

  9. Keluarga besar Temanggungan, ada kabar gembira nih. anak Temanggung ada yang masuk Idola Cilik RCTI, sudah lolos audisi Jogja, sekarang maju tahap kedua. mohon dukungan doa dan sms-nya ya..ketik IC (spasi)OBIET , kirim smsnya ke 6288..maaf ya numpang woro-woro.semoga Obiet bisa jadi kebanggaan seluruh warga Temanggung. besok Senin 24 Nop 2008 tonton di RCTI jam 1 siang..maturnuwun sanget

    B : oke, kita dukung warga Temanggung untuk bisa Go Nasional dengan presetasi yang positif.

  10. sukses kagem stanplat mas.. mugi-mugi stanplat sampun mendarat wonten kalimantan selatan khususipun wonten kab. balangan.. dalem asli tlogomulyo sawek pados upo wonten mriku.. suwun..

  11. DOZZZ PUNDI KBRIPUN SANAK2 SEDATEN LAK NGGIH SAE TO???? KULO BADHE TANGLET EMAILE SUPREK (PRIYONO-BLACK DEVIL) SIK NELEHI NIKO NADAK KAGUNGAN NIJH? SALAM KAGEM SEDEREK TEMANGGUNGAN….NUWUN

  12. makin meriah temanggung dan masyarakatnya ….. nuwun sewu nderek tepang …… http://www.kembang.setaman.temanggung.blogspot.com

  13. wah sayang nyong gak diampiri si redik mo ke tmii “kadang temanggungan” jane adoh2 ko tmg sisan kondangan….. heeheee…red…red2

  14. lam kenal maz…..q wong temanggung…yuk tuker link maz…blog anyar lagi nggawe juli ki..wong Temanggung

    BR : salam kenal juga, wah maaf, sekarng di wordpress gak ada link nya je, aku yo bingung, padahal tadinya banyak link/tautnya, kok pada ilang.

  15. ya gpp..yang penting klo da waktu berkunjung aj.. hehe😎 wong Temanggung

  16. STANPLAT is the best newspaper for me…

  17. wah…salut dan suport to Stanplat..wong Temanggung yg domisili di Temanggung aja blm tentu tau banyak tenang Temanggung, biar mereka tau, baca Stanplat

  18. kangmas redaksi…mbok diulas juga budaya dan seni Temanggung, khususny jarankepange..?? tolong di pertimabangkan ya …matur suwun

  19. kemarin aku ketemu temen2 trus mbahas yang dah lama di otak kami, tanah pegunungan temanggung yang makin miris. jare ada beberapa petani yang dah mulai sadar akan gak bersahabatnya lagi tanah mereka tapi mereka gak tahu harus ngapain. dan juga yang jadi masalah langganan dan jadi alasan terus nandur mbako yaitu kekeringan. mbok buat saresehan yuk buat mbuat masterplan perbaikan ekologi temanggung. butuh pemikiran banyak orang tuh…

    BR : monggo silakan di salurkan idenya di http://www.pikatan.wordpress.com, disana ada komunitasnya yang langsung bisa nyambung ke pemerintahan di Kab. Temanggung kita. atau ke http://www.temanggungkab.go.id/

  20. saya asli temanggung lho dan sekarang berdomisili di Bekasi dan sudah 36 tahun meninggalkan temanggung, saya terakhir ke temanggung kira-kira satu setengah tahun yang lalu, untuk nyekar kedua orang tua yang telah tiada. Saya tetap bangga dengan kota Temanggung, walaupun di Kecamatan Kedu beberapa waktu yang lalu buat “ndelik” teroris. Semoga saya tetap bisa mengujungi Stanplat Temanggung. Bravo Temanggung kota ku, aku tetap rindu padamu.

  21. lha mbok bloge ugo diupdate!

    BR : nunggu waktu luang nih, malah lagi keasyikan di FB, maaf lho yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: