Kolam Renang “Tirto Wening”

tirto-wening.jpg 

Setelah membaca milis teman-teman di Temanggung@yahoogroups.com tentang kolam renang Tirto Wening di daerah Tlahab, Kecamatan Kledung, penulis teringat akan masa kecil dulu.

tirto-wening2.jpg

Suasananya yang sejuk, pemandaangan sekitar yang alami dan sangat indah dan air kolam yang sangat dingin sampai menusuk tulang. Dahulu semasa th 80-an sering mandi dan renang disini, suasananya asyik dan akrab, dengan membawa bekal makanan kecil layaknya sebuah piknik untuk dimakan setelah lelah berenang.

 gunung-tarangan.jpg

Hal yang kusenangi dalam perjalanan dari kota parakan dengan ‘ngebleg’ (naik kendaraan /truk gratisan) adalah menikmati indahnya pemandangan alam, cerianya bercanda bersama teman-teman seperjalanan, seakan tempat pemandian umum ini jadi idola anak-anak seusiaku untuk ber weekend.

warung-wc-umum.jpg

Kini keadaan di tempat itu sudah jauh berbeda, kolam renang yang dingin itu telah berubah menjadi kolam ikan bawal, sebuah kolam yang tidak terawat, banyak ditumbuhi ilalang, lumut dan sampah, dan ini sudah ada sejak 2005 yang lalu.Kata Bu Sri, yang memiliki tempat ini sekaligus warung diseberang jalan, pemilik dahulu (mungkin ayah/mertua, saya tidak sempat menanyakan lebih lanjut karena yang bersangkutan keburu mau belanja ke pasar) yang bernama Pak Rohmat sudah meninggal dunia sehingga kondisi kolam menjadi kurang terawat, disamping itu juga ternyata semakin lama pengunjungnya juga semakin sedikit sehingga menambah keadaan menjadi kian buruk.

Keadaan ini juga berpengaruh langsung kepada berkurangnya pengunjung yang datang ke warung diseberang jalan, termasuk juga WC umum disebelahnya, Kini Warung tersebut lebih banyak dikunjungi oleh para sopir kendaraan yang mampir untuk sekedar istirahat, beli jajanan maupun makan dan minum.

puncak-bukit.jpg

Mungkin diwaktu mendatang apabila pariwisata di Kabupaten Temanggung sudah membaik dan para turis banyak yang datang, tempat ini bisa direnovasil lagi, bukan menjadi kolam renang seperti dulu, namun sebuah hotel, penginapan ataupun cottage yang lengkap ada area penjualan kerajinan tangan dan makanan khas dari warga sekitar, sekaligus bias untuk penampatan gardu pandang, mengingat tempat ini berada disebuah puncak bukit, sehingga view-nya bagus untuk semua sudut pandang, Alhasil bisa membuat lingkungan sekitar cottage ini menjadi ramai dan meningkatkan perdekonomian, mungkin saja.

makna-tirto-wening.jpg

~ oleh bamburuncing pada Januari 25, 2008.

2 Tanggapan to “Kolam Renang “Tirto Wening””

  1. tingkatkan pariwisata temanggung,tunggu kami

    B : siip, tak tunggu ya….mari kita sama2 menciptakan pariwisata di temanggung yang kita cintai ini.
    kalo mau “nganyari” souvenir baru dan khas dari temanggung, boleh lho mampir dan mencicipi di http://www.klikgage.wordpress.com, sapa tahu tertarik dan bisa bikin spirit.

  2. bagaimana tuh klau di parakan di bikin juga kolam renang yang representatif gituu… mewakili tmpat wisata air di temanggung,jadi bisa dipakai untuk wisata keluarga…ada kantinnyaaa… tmpat pemancingan yang nyaman….waaaaahh.. enak yaaaa

    BR : boleh-boleh, bisa-bisa…tapi airnya yang anget ya, sekarang kan musim hujan, jadi bisa untuk relaksasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: