Parade Kesenian Tradisional Islam ke-13

paradea.jpg 

Inilah acara yang ditunggu-tunggu sebagian besar masyarakat Parakan Temanggung di awal tahun baru hijriah 1429 H. Semenjak pukul 8 pagi lingkungan disekitar Masjid Al Barokah Bamburuncing Kauman Parakan sudah dipadati oleh warga yang ingin melihat meriahnya para peserta parade, tak ketinggalan pula para penjual jajanan sudah lebih pagi memadati lokasi untuk berjualan, padahal acara pembukaan baru dimulai pukul 10 pagi.

Matahari sudah mulai naik, langit biru demikian cerah dan nampaknya awan-awan belum berani menyelimuti. Saatnya acara dimulai, sepatah dua patah kata dan susunan acara dilantunkan oleh MC yang bertugas, Saadlon sang ketua panitia memulai kata sambutan, diteruskan oleh Abdullah ketua ta’mir masjid, kemudian wakil bupati temanggung dan terakhir dengan do’a oleh K.H. Sofiudin dan K.H. Murtadlo Sahid.

Parade ini dibuka dengan pengibaran bendera start oleh wakil bupati temanggung, dengan peserta pertama Drumband MTsN Model Parakan dilanjutkan dengan peserta yang lain dengan jumlah keseluruhan 22 peserta parade.

Satu demi satu peserta menampilkan aksi unggulan mereka, ada peserta pencak silat dari pondok Kyai parak Tsani Bamburuncing yang menyajikan permainan jurus dan tanding berpasangan, suara2 merdu dan menggetarkan jiwa dari grup-grup rebana, penampilan grup Siswomudo dan grup Pandesiswo dengan kostum mirip Indian dengan aksi tari-tarian kontemporer, sedang peserta terakhir dengan aksi Drumband Al-Barokah dari Papringan, Katekan Ngadirejo. Aksi Drumband ini sangat enerjik dengan para pemain yang piawai mempertunjukkan kebolehan memainkan alat musikya. Panas demikian terik, pukul 11.35 WIB, perserta terakhir ini melewati jalan KH. Subchi untuk kemudian mengikuti para peserta didepannya mengelilingi kota Parakan.

Seluruh warga sangat terhibur dengan parade ini, begitu antusiasnya sampai mereka terus mengikuti perjalanan peserta parade hingga jalan2 di kota Parakan menjadi punuh sesak oleh lautan manusia, inilah pesta awal tahun baru hijriah 1429 H yang sangat meriah, semoga hal ini dapat menggugah semangat warga masyarakat untuk menyongsong masa depan dengan lebih optimis.

Catatan : foto lainnya ada di www.bamburuncing1.multiply.com kategori Human Interest no. 39-48

~ oleh bamburuncing pada Januari 10, 2008.

2 Tanggapan to “Parade Kesenian Tradisional Islam ke-13”

  1. Mas, photo panitianya mana?kangen nich ma panitianya coz mantan gitcu,hehe

    br : foto panitia ada di http://www.bamburuncing1.multiply.com, kategori human interest no.46 ada kok foto2 panitia yang cakep2 disitu, boleh didownload+diprint gedhe buwat hiasan kamar, ati-ati lho jangan sampe ketahuan pacar baru, aku gak tanggung jawab.

  2. Wah …. ternyata Parade Kesenian Tradisionalnya sudah nyamke yang ke 13 ya …. padahal dulu saya kira hanya akan bertahan beberapa tahun saja …. salut deh …. ternyata spirit untuk melestarikan kebudayaan tradisional masih cukup kuat di Parakan ….. semoga kegiatan seperti ini terus berlangsung dengan tidak melunturkan nilai-nilai baik yang terkandung didalamnya ….. Semoga sukses

    br : hampir saja kemarin mau gak diadain acara parade, tapi berhubung yang daftar banyak, jadi..deh acaranya, sayang lho kalo dibatalin
    untuk panitia, mg2 tahun2 berikutnya parade ini tetap diadakan, selain untuk melestarikan tradisi, siapa tahu bisa jadi salah satu
    aset wisata parakan di masa datang. Temanggung lagi gencar2nya punya rencana menggalakkan pariwisata di seluruh Kab. Temanggung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: