Kapan fitness lagi

*) untuk menjalankan video ini lumayan bufferingnya agak lama sekitar 10 menit lebih, jadi semoga mau bersabar. Sambil menunggu sampai selesai, lebih asyik membaca materi dibawah ini, semoga bisa menambah semangat !

Mungkin sekarang ini banyak yang merasa kehilangan tempat untuk berolah raga fitness, khususnya di kota Parakan, termasuk saya ini salah satunya. Setelah dua tahun silam tempat fitness di Ngadirejo tutup, dan beberapa bulan kemudian di daerah manden juga menyusul, kini Gladiator Gym yang ada di Jl. Bambu Runcing Parakan Temanggung sejak bulan ramadhan kemarin (bertepatan dengan musim tembakau) sampai sekarang sudah tidak buka kembali, jadi praktis kota Parakan tidak ada tempat fitness lagi, kecuali Temanggung dan Kranggan yang tempatnya lumayan jauh dari kota Parakan.

Memang kalau dipikir-pikir keuntungan bisnis fitness di kota kecil kurang begitu menguntungkan untuk jangka pendek, selain motivasi masyarakatnya yang kurang, faktor ekonomi, juga manfaat dari olah raga ini kadang tidak begitu dirasakan anggota, mengingat masih minimnya informasi, pengetahuan akan latihan yang baik dan benar serta efektif dan sebagainya (misalnya dengan adanya pengarahan, diskusi, kunjungan ke tempat fitness di kota-kota besar atau sejenisnya yang bisa membawa pelaku olahraga ini menjadi berhasil dalam programnya bahkan seseorang yang berlatih dengan serius dapat juga menjadi binaragawan), kayaknya jauh banget deh kalo sampai kesitu, kecuali orang itu mau berusaha sendiri dengan kemampuan skill dan modal sendiri untuk berusaha mewujudkannya, entah itu dengan mengatasnamakan individu atau atas nama tempat fitness di kota lain untuk ikut serta di sebuat acara pertandingan binaraga.

Yang pasti olah raga ini selain membutuhkan ketekunan dan keseriusan, pemahaman yang tinggi dan kepatuhan terhadap program yang dijalani, jadi tidak sekedar angkat beban saja atau mungkin dia merasa sukses kalau mampu mengangkat beban yang sangat berat. Kalau mau sedikit belajar dari kota-kota lain, banyak cara yang bisa ditempuh untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya berolah raga fitness, selain itu juga banyak buku-buku yang bisa untuk dipelajari maupun sebagai panduan. Ada juga seseorang dari keluarga biasa-biasa saja dari desa terpencil tapi mampu menjadi binaragawan (itu kalau mereka arahnya mau kesitu).

Selain binaraga,  olah raga ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, membantu seseorang bertambah kuat dan membantu dalam kegiatan olah raga lain, misalnya olah raga tenis, badminton, karate dan sebagainya, olah raga tersebut membutuhkan latihan beban, dan ini dapat difasilitasi dengan adanya sebuat fitness center / tempat latihan beban. Memang untuk membuat masyarakat menjadi sadar olah raga tidaklah mudah dan cepat, namun sesungguhkan generasi muda di kota Parakan sudah melek akan olah raga ini, jadi sebetulnya yang terpenting adalah bagaimana sistem itu dijalankan, dikelola dengan baik dan kontinyu sehingga para anggota tidak jenuh dan bosan yang akhirnya rontok satu persatu, bangkrut donk.

Yang jelas kota Parakan butuh tempat olah raga fitness, saya sangat optimis dengan keberadaan tempat tersebut, karena pernah berpengalaman pindah-pindah latihan (dahulu dibeberapa tempat fitness di kota Yogyakarta dan di Temanggung dan diskusi dengan para pengelolanya) sehingga sedikit banyak mengetahui bagaimana seharusnya sebuah tempat fitness itu dijalankan.

Memang sih ada beberapa teman yang mendukung saya untuk membuka tempat fitness sendiri, namun…wah itu jauh dari kemampuan, masalahnya butuh modal yang cukup besar untuk penyediaan alat dan tempat yang luas serta strategis, jadi ya itu hanyalah sebatas cita2 saja, namun kalau tiba2 dapat dana banyak yang nganggur, mungkin cita-cita itu bisa kesampaian.

Akhirnya saya  berharap semoga sebentar lagi ada yang punya modal gedhe dan tempat luas yang membuka tempat fitness lagi, sehingga bisa ikut latihan (pegel-pegel nih kalau badan kelamaan enggak dilatih, ayo donk friends kita berharap bersama, sukur-sukur memprovokasi orang-rang sekitar kita yang berduit untuk mewujudkan semua itu hehehe…..salam olah raga!).

Tulisan ini didedikasikan untuk masyarakat Parakan dan Temanggung, semoga suatu saat ada seorang binaragawan tingkat nasional /internasional yang berasal dari Parakan Temanggung, dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Temanggung, semoga!

~ oleh bamburuncing pada Desember 21, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: