Bancakan

1-bancakan.jpg

Selamat pagi semua….akhirnya saat itu tiba. Idul Adha kembali dapat kita alami bersama, sholat berjamaah dilanjutkan dengan khutbah,dan sudah menjadi tradisi di  kampungku kauman, tepatnya di musholla ‘Wali’ atau lebih akrab dikenal dengan Langgar Wali, adalah bancakan bersama (makan dengan menu makanan tradisional). Saya tidak tahu kapan acara itu pertama dimulai, yang jelas dari kecil tiap selesai sholat Idul Fitri maupun Idul Adha seperti sekarang ini acara bancakan tetap diadakan, dan uniknya lagi kesan dari dulu sampai sekarang masih sama, ramai, enak, meriah, sambil ngobrol sana-sini dan yang terakhir..kenyang trus pulang. (kalau pas idul fitri lebih meriah lagi karena bisa bertemu dan bercerita dengan orang-orang yang lagi mudik, kemudian selama beberapa hari diisi dengan acara silaturrohim ke sanak saudara, dan lagi-lagi…banyak makanan)

Nah agar cerita ini terus berlanjut maka saya tidak langsung pulang ke rumah untuk kumpul bersama keluarga tercinta melainkan pergi ke masjid besar Al-Barokah yang letaknya sekitar 100 meter dari Langgar Wali. Ternyata benar, di masjid masih sedang sholat jamaah dan belum selesai, sambil ngobrol dengan salah seorang panitia Qurban yang sedang menjaga hewan-hewan yang akan di sembelih, sebagai informasi untuk tahun ini jumlah sapi yang akan diqurbankan berjumlah sembilan ekor dan kambing 19 ekor, sedangkan untuk acara penyembelihan dilakukan sekitar jam sembilan pagi. Sambil menunggu saat itu tiba saya pulang dulu untuk istirahat dan memindah foto2 hasil bidikan dari kamera ke komputer.

Ada yang sedikit perlu untuk diberitahukan bahwa pagi ini adalah peresmian Weblog ini dipublikasikan. Memang sih tidak ada acara khusus untuk menyambutnya kecuali dengan promosi alamat weblog ini ke teman-teman dan tetangga sekitar, sedang untuk acara syukuran dan makan-makannya….kan udah digabung sama bancakan bersama di Langgar Wali pagi tadi (hehehe…..curang yaa, maunya sih sambil menyelam makan bancakan). Yap akhirnya dengan semangat bambu runcing di penghujung tahun 2007, www.bamburuncing.wordpress.com dan www.sihanss.wordpress.com resmi di Online-kan, semoga dapat berjalan dengan kontinyu, berita-beritanya enak dibacem, up to date, syukur2 bisa nambah teman, saudara, tambah wawasan, tambah rizki walaupun nggak perlu untuk ikut-ikutan mencalonkan diri jadi Bupati Temanggung. Menjadi warga biasa bagiku sudah cukup, asal dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar, baik lokal lebih-lebih global (wah kejauhan).Kritik, saran, masukan, informasi, sumbangan naskah dan foto tetap terbuka bagi siapa saja khususnya warga Parakan Temanggung (maupun yang diperantauan), mohon do’a restu ya.

~ oleh bamburuncing pada Desember 20, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: